Skip to main content

Sederhana Dengan Motor Listrik

Tak ayal dan tak bisa dipungkiri bahwa sebagian dari nyawa bagi mesin manapun adalah motor listrik dengan tipe apapun. Perlakuan kita terhadap barang yang satu ini merupakan hal yang penting. Berikut adalah berbagai kondisi yang mungkin dapat saya sebutkan :

1. kondisi dengan motor yang baru
          Motor yang baru terkadang memang dalam kondisi bagus, tapi bukan berarti kita percaya tentang kondisi tersebut, maka hal2 yang harus kita lakukan adalah :
  • selalu periksa bahwa ada name plate yang benar
  • cek semua kondisi frame mungkin ada kecacatan
  • cek resistansi phase dengan menggunakan multimeter dengan set ohm, hal ini penting dan bagus jika antar   phasenya mempunyai kondisi seimbang (sama resistansinya)
  • cek insulation dengan menggunakan megger dengan setingan tegangan sekitar 500 V dengan pengukuran masing2 phase winding terhadap ground atau frame motor, bagus jika megger menunjukkan nilai yang besar sekali atau tak terhingga
  • cek bearing tanpa membongkar motor dengan memutar shaft dari motor, bagus jika putarannya lancar
  • Jika memungkinkan tes putaran dengan memberikan power ke motor

nb : diharuskan mengecek resistansi motor terlebih dahulu sebelum cek dengan megger , karena pengecekan dengan megger mengakibatkan motor mengandung tegangan dan hal ini bisa mengganggu multimeter yang kita gunakan. Setelah melakukan pengecekan dengan megger jangan terlebih dahulu memegang motor karena masih mengandung discharge voltage diamkan beberapa detik atau grounkan terlebih dahulu.

2. Kondisi motor pada saat akan dipasang
Hal2 yang kita lakukan dalam hal ini sangat menentukan keberhasilan motor yang dijalankan selalu pastikan :
  • power yang diberikan ke motor sesuai name plate
  • urutan phasenya benar
  • drive penggerak sesuai spesifikasi motor
  • lakukan tes putaran tanpa beban terlebih dahulu
  • semua sistem berjalan dengan baik baik proteksi, pendingin dll

3. kondisi pada waktu motor sudah berputar
          Pada kondisi ini hal yang kita lakukan hanya monitoring keadaan motor saja. Proses monitoring tersebut adalah :
  • cek suhu motor apakah masih dalam keadaan normal kurang dari 150 deajat celcius tergantung dari insulation classnya
  • cek apakah sistem pendingin dari motor berjalan dengan lancar, baik fan, blower, atau yang lainnya
  • cek vibrasi dengan melihat apakah masih dalam batasan normal dengan memeriksa getaran motor dengan alat atau dengan merasakannya
  • Jika motor dengan kapasitas besar maka pastikan lubrikasi ke bearing berjalan dengan baik
  • pastikan motor bersih

4. Kondisi terhadap motor yang rusak
          Kondisi ini mengulang pada step 1, jika terdapat permasalah yang berkebalikan dengan step 1 maka sumber permasalahan sudah ditemukan misalnya pada poin 1.c disebutkan harus seimbang, jika tidak maka lakukan identifikasi terhadap symtomp tersebut bisa short body atau short antar phasenya

Semoga bermanfaat, aminnnn

Comments

Popular posts from this blog

Hubungan Sederhana MVAR dengan Kenaikkan Tegangan Generator

Jam 12:00 terima telepon dari P3B ... "Pak tolong MVAR nya di naikkan ya" ... sambil berpikir dan bertanya kenapa ya kok harus menaikkan MVAR ... Begini ceritanya : Menaikkan MVAR pada generator membuat tegangan yang dihasilkan juga mengalami kenaikkan. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa operator pengatur beban atau P3B menginginkan kenaikkan tegangan untuk menjaga agar tegangan pada sistem terjaga kualitasnya. Kok Bisa : Eits ceritanya begini eh begini ceritanya , coba lihat gambar di bawah ini : Diketahui 1. Bus Voltage V1 mempunyai nilai tetap karena merupakan output dari generator 2. Saluran transmisi mempunyai reaktansi jX 3. Aliran daya adalah P±jQ Nah sekarang perhitungannya :Ambil V1 sebagai referansi : V2 = V1 - jXI ........(1) V1 x I = P±jQ I = ( P-jQ) / V1 ......(2) setelah itu coba kita subtitusi persamaan 2 ke 1 V2 = V1 - jX [(P/V1) - j(Q/V1)]V2 = [ V1 - (X/V1)Q] - j( X/V1)P] V2 = [V1 - XQ/V1] - j XP/V1 dari perhitungan di atas coba...

Filosofi Sederhana dari Pembangkit Listrik (Batu bara)

Setiap karyawan /pegawai baru yang bekerja dalam dunia pembangkitan, pasti akan menghadapi yang namanya sistem, flow diagram, P&ID, kontrol dll. Satu hal yang pasti bagaimana semua hal itu berkaitan ... nah ini yang harus diketahui butuh pengalaman dalam menjalankan pembangkit. Pengalaman inilah yang susah ketika harus menghadapi tekanan kerja yang bertubi-tubi ketika mengoperasikan suatu pembangkit ... just saying sihh Untuk mempercepat apa yang harus kita ketahui .... yaitu bagaimana filosofinya sistem di pembangkit ... di bawah ini akan dijelaskan secara sederhana bagaimana pembangkit itu beroperasi dan cara kerjanya seperti apa ... 1. Harus tahu peralatan utamanya : Condensor, Boiler, Turbin, dan Generator 2. Harus tahu P&ID dari masing2 sistem 3. Apa yang dihasilkan dari pembangkit listrik : Listrik ( MW, MVAR ) 4. Untuk lebih mudahnya bisa dilihat bagan proses di bawah ini Dari bagan di atas kita tahu bahwa sejatinya untuk mengatur MW ( naik atau turun ) ...